اَللّه is Always With Me

Kamis, 24 April 2014

Resume: Etika Budaya di dalam Pertemuan

Istilah Etika berasal dari bahasa Prancis yakni  Etiquete (etika) yang berarti tata pergaulan yang baik antara manusia atau peraturan/ketentuan yang menetapkan tingkah laku yang baik dalam hubungan dengan orang lain. Istilah yang sepadan dengan etika seperti tatakrama, tata sopan santun, norma sopan santun, tata cara bertingkah laku yang baik, perilaku yang baik dan menyenangkan.

Dalam pertemuan, harus diperhatikan busana penampilan yang baik yaitu (1) Memilih mode yang cocok dengan bentuk tubuh dan sesuai dengan norma-norma kesusilaan yang tinggi.  (2) Tidak memakai celana atau rok yang ketat sehingga memperlihatkan bentuk tubuh. (3) Memakai pakaian dari bahan katun atau polyster yang longgar dan menutupi bentuk tubuh. Bagi laki-laki sebaiknya memakai kemeja dan celana panjang. (4) Memilih warna yang serasi, tidak mencolok dan  tidak norak, sehingga kesannya tetap formal. Menghindari juga pemakaian perhiasan berharga dan asesoris yang berlebihan. (5) Berpakaian dengan rapi, karena kerapian itu pun menunjukkan kepribadian kita. (6) Memilih jenis pakaian yang cocok dengan kegunaannya, seperti pakaian untuk kuliah, dan sebagainya. (7) Berdandan dengan pantas dan tidak berlebihan. 

Lalu etika untuk berbicara dalam pertemuan yaitu (1) Berbicara selalu dengan sopan, baik kepada teman, pada dosen, dan terlebih lagi kepada orang tua kita sendiri. Walaupun dalam keadaan kesal dan penuh emosi, norma-norma kesopanan tetap bisa di pertahankan. Memilih kata-kata yang tepat dan menyenangkan. (2) Dalam berkomunikasi dengan orang lain, topik pembicaraan, tidak hanya menarik bagi kita sendiri, tetapi memikirkan pula minat dan kesukaan orang lain, kesempatan bagi orang lain untuk berpartisipasi dalam pembicaraan itu juga harus dipertimbangkan. (3) Menggunakan bahasa yang dapat diterima oleh semua orang dalam kelompok itu atau gunakan bahasa nasional. (4) Tidak membuang muka kepada lawan bicara, dan tunjukkan perhatian anda dalam kontak bicara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar