اَللّه is Always With Me

Rabu, 23 April 2014

Resume: Pendekatan Komunikasi Antar Budaya

         Membangun komunikasi antar-budaya, antar-ras, antar-etnik maupun antar-negara yang berbeda dalam apapun juga sukar dilakukan tanpa memahami karakter dan unsur-unsur penting yang terdapat dalam kebudayaan. Dalam kenyataan persentuhan nilai-nilai budaya sebagai manifestasi dinamika kebudayaan tidak selamanya berjalan secara mulus. Permasalahan silang budaya dalam masyarakat majemuk (heterogen) dan jamak (pluralistis) seringkali bersumber dari masalah komunikasi, kesenjangan tingkat pengetahuan, status sosial, geografis, adat kebiasaan dapat merupakan kendala bagi tercapainya suatu konsensus yang perlu disepakati dan selanjutnya ditaati secara luas.

           Masalah yang terpenting ketika komunikasi antarbudaya dalam hubungan bilateral maupun multilateral terjadi adalah bagaimana mampu mengolah data, deskripsi dan referensial yang tepat mengenai stereotip. Memanajerial sebuah stereotip yang tidak tepat bisa berakibat pada pertentangan horizontal maupun memancing permusuhan di kemudian hari.

           Dalam konteks global atau organisasi bisnis, komunikasi antar budaya melihat bagaimana orang berkomunikasi (verbal dan non-verbal), mengelola, bekerja sama, pendekatan tenggat waktu, bernegosiasi, bertemu, menyapa, membangun hubungan, dll. Topik-topik ini menjadi jauh lebih relevan sekarang di dua front. 1) untuk bisnis dengan campuran budaya bekerja sama dan 2) untuk bisnis yang ingin berhasil perdagangan luar negeri. Dalam kedua situasi jika orang tidak menyadari cara terbaik untuk mendapatkan bersama dan mendapatkan bisnis dilakukan, maka dapat dan tidak mengakibatkan kinerja yang buruk dan kehilangan kesepakatan. Greater memahami perbedaan komunikasi antar budaya, tata krama, etiket, protokol dan gaya komunikasi tentu bermuara pada suatu kemungkinan jauh lebih tinggi untuk mencapai tujuan bisnis.


           Akhirnya komunikasi antar budaya saat ini berarti mendapatkan keunggulan kompetitif, Karen kita semua tahu bahwa hari ini adalah bisnis yang sangat kompetitif dan cepat berubah. Orang harus melakukannya dengan benar, dan mendapatkannya benar pada kali pertama. Apakah seseorang sedang mencari pemasok baru, memberikan presentasi, atau negosiasi kontrak komunikasi antar dapat, tidak dan akan memainkan peranan penting. Ini dampak kemampuan kita untuk berkomunikasi secara efektif dalam budaya dan juga bagaimana kita dirasakan.


           Bekerja dalam perekonomian dunia global terbukti memiliki dampak positif pada individu dan perusahaan. Sebagai orang yang dipaksa untuk berpikir di luar kotak mereka mengembangkan keterampilan interpersonal yang lebih besar, otot flex mereka kreatif dan mempelajari berita cara melakukan sesuatu. Kesimpulannya, kebutuhan akan kemampuan komunikasi antar budaya jelas - kita semua bekerja dalam ekonomi global yang saling berhubungan dan penting untuk membangun hubungan yang baik dengan orang dari budaya lain. Ini mengarah ke bisnis yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar